SILVI PRATIWI
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cluster Server (Progres Minggu ke-2)

Implementasi High-Availability Server Menggunakan Metode Failover Cluster Server
 
High-availability Clusters, yang juga disebut failover cluster pada umumnya diimplementasikan untuk tujuan meningkatan ketersediaan layanan yang disediakan oleh kluster. Elemen kluster memiliki node-node redundan yang akan digunakan untuk menyediakan layanan ketika salah satu komponen mengalami kegagalan.Dibutuhkan dua buah node sebagai syarat minimum suatu kluster untuk dapat melakukan redudansi.
 
Macam-macam Failover:
a. Active/Passive Failover Pada mode ini terdapat dua komponen, yang satu menjadi komponen atau node aktif dan yang lainnya pasif. Node aktif bertugas untuk melakukan eksekusi terhadap aplikasi atau tugas tertentu, sedangkan node pasif berstatus stand by dengan tidak melakukan tugas apapun sampai mendeteksi bahwa terdapat masalah pada node utama/aktif. Pada saat node utama mengalami kegagalan, node pasif akan mengambil alih tugas yang tadinya dilakukan oleh node utama.
b. Active/Active Failover Pada mode ini, semua node berstatus aktif dengan menjalankan masing-masing aplikasi atau proses yang merupakan beban kerja masing-masing node. Apabila satu node aktif mengalami kegagalan, node aktif lain akan mengambil alih beban kerja node yang gagal tesebut sehingga node aktif yang masih berfungsi menjalankan seluruh aplikasi dan proses yang ada. Tujuan dari active/active failover ini adalah untuk mencapai load balancing. Yang membedakan mode ini dengan load balancing cluster yaitu adanya konfigurasi untuk redudancy diantara kedua node yang aktif
 
Untuk melindungi data, jaringan khusus menghubungkan node cluster failover, menyediakan cadangan CA atau HA yang penting.
 
Related image
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 27 Juni 19 - 23:19 WIB
Dalam Kategori : FAILOVER, METODE, IMPLEMENTASI
Dibaca sebanyak : 318 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback